Movie Review: Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (2023)

Judul: Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang
Sutradara: Angga Dwimas Sasongko
Penulis naskah: Angga Dwimas Sasongko, Mohammad Irfan Ramly
Durasi: 1 jam 46 menit
Pemain: Sheila Dara Aisha, Lutesha, Jerome Kurnia, Ganindra Bimo, Rio Dewanto, Rachel Amanda
Nonton di CGV, Dmall

In London, Aurora finds a soul mate with the same vision as hers, Jem, an up-and-coming artist who is also a senior on campus and an immigrant from Indonesia. Aurora's life is perfect and full of passion until she finds another side of Jem, who makes Aurora give up college and leave her dream. During her difficult time, Aurora is assisted by her two best friends: Honey and Kit, to live together in their apartment. Aurora's preoccupation with surviving and trying to return to her studies by working odd jobs causes her to lose contact with her family. Two months without news make Angkasa and Awan follow Aurora to London. Surprised by Aurora's messy condition, Angkasa and Awan agree to force Aurora to come home.

*** 

Sesungguhnya, Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang ini adalah semacam sekuel dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Mengambil cerita setelah NKCTHI selesai, JyJJLP fokus ke kehidupan Aurora yang merantau di London, Inggris. Apakah berhasil semenyentuh NKCTHI? Baik, mari kita bahas dengan pengetahuan sotoy saya. 

The Story

Aurora (Sheila Dara Aisha) memutuskan untuk lanjut studi seni di Inggris. Di sanalah ia bertemu dengan sosok Jem (Ganindra Bimo), cowok berbakat asal Indonesia yang sekaligus berakhir menjadi kekasihnya.

Hari itu, Jem menampilkan karyanya di salah satu pameran bergengsi di London. Akan tetapi, hasil pameran tersebut sama sekali tak memuaskan baginya. Ia yang emosi, pada akhirnya membuat Aurora terluka. Sejak saat itu, Aurora memutuskan untuk pergi dari kehidupan Jem.

Untungnya, kedua kawan baiknya, Honey (Lutesha) dan Kit (Jerome Kurnia), bersedia menampung Aurora selama kabur dari Jem. Well, sebenarnya, Aurora tak hanya kabur dari Jem, tapi juga dari keluarganya. Sekitar hampir dua bulan, ia tak bisa dihubungi dan berakhir dengan kedatangan Angkasa (Rio Dewanto) dan Awan (Rachel Amanda) ke London. Kedua kakak-adik itu diperintahkan oleh ayah mereka untuk menjemput Aurora.

The Opinion

Sedari awal, aku betul-betul tidak menyukai sosok Jem. Dia ini tipikal cowok egois yang selalu menyalahkan orang lain atas kegagalan yang ia alami. Parahnya, Aurora tak menyadari kalau dirinya terjerat dalam suatu hubungan toksik bersama Jem. Yaa, meskipun Aurora memutuskan kabur, dia tuh masih berempati kepada Jem. Astaga. 

Kalau di NKCTHI alur kilas-balik tidak membuatku bingung, maka di sini terasa banget setiap adegan begitu scattered. Sampai-sampai, kadang aku tak menyadari kapan scene telah berubah dari masa lalu ke masa sekarang. Lalu, ada juga bagian-bagian yang terasa terpotong sedemikian rupa. Alhasil, betul-betul membuatku bingung.

Belum lagi, sejumlah editing yang menonjolkan editing perpotongan cepat hanya membuatku pusing ㅠㅠ Sigh. 

Yang aku enggak mengerti, aku masih tidak merasakan pentingnya kemunculan Angkasa dan Awan di sini. Apakah mereka muncul untuk bisa memberikan solusi untuk Aurora? Aku rasa tidak. Bahkan, mereka cuma menambah masalah. Bagiku, keberadaan mereka tidak sesignifikan itu.

Mungkin, yang cukup menolong di film ini adalah keberadaan Honey dan Kit. Keduanya jadi karakter yang paling realistis kalau menurutku. Memberikan perhatian yang cukup sebagai teman, bahkan lebih. Iri banget punya sahabat sebaik mereka.

In a way, kalau dibilang relatable sebagai anak rantau, ya.. ya lumayan lah. Tapi mungkin secara cerita, tidak akan se-relatable NKCTHI. 

Conclusion

Kalau ingin tahu kehidupan Aurora, bisalah menonton JyJJLP ini. Tanpa menonton NKCTHI, mungkin agak susah ya buat jadi lebih mengerti keadaan Aurora. Bagaimanapun, alasan utama sikap Aurora di sepanjang film  ini memang dampak dari apa yang terjadi NKCTHI. Tapi kalau mau ditonton lepasan pun, menurutku enggak masalah.

Well, jadi 6 bintang saja ya untuk film satu ini.

Apakah aku akan menonton Story of Kale yang merupakan spin-off dari universe ini? Well, let's see.

Sincerely, 
Ra
Be First to Post Comment !
Post a Comment